Cara Membagi Bandwidth Hotspot Mikotik 2

Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang hotspot mikrotik, pada artikel kali ini kita akan belajar tentang Mikrotik Bandwidth Management. Manajemen bandwidth adalah metode pengalokasian dari suatu bandwidth yang tersedia untuk mendukung/memenuhi kebutuhan setiap user didalam suatu jaringan.
Tentunya kita sebagai seorang Network Administrator pada sebuah perusahaan/kantor/instansi dituntut harus mampu berlaku adil dalam mengalokasikan penggunaan bandwidth yang tersedia. Pada dasarnya tidak ada aturan baku yang mengatur mengenai pembagian bandwidth pada jaringan wireless maupun kabel. Oleh karena itu kita perlu melakukan identifikasi masalah dan analisis kebutuhan bandwidth dari setiap client/user.
Untuk membagi bandwidth pada jaringan hotspot sangatlah mudah, cara yang paling sederhana adalah dengan langsung memberikan batasan (limit) pada masing-masing user profiles yang digunakan. Contohnya adalah sebagai berikut:
1. Pastikan Anda telah menentukan user profile untuk masing-masing user. Disini saya membuat tiga user profile yang nantinya akan berbeda-beda dalam pembagian bandwidthnya.
– Bos = Upload 3 Mbps, Download 3 Mbps (3M/3M)
– Manajemen = Upload 512 Kbps, Download 1 Mbps (512k/1M)
– Karyawan = Upload 384 Kbps, Download 512 Kbps (384k/512k)
2. Masuk menu IP > Hotspot > User Profiles. Tambahkan profile baru (+) pada kolom name isikan nama profile yang akan digunakan, pada kolom Rate Limit (rx/tx) isikan bandwidth untuk masing-masing profile. OK

Mikrotik Hotspot User Profiles
Mikrotik Hotspot User Profiles

Setelah semua selesai, hasilnya kurang lebih seperti dibawah ini

Hotpsot User Profiles
User Profiles

3. Langkah selanjutnya adalah membuat user account untuk setiap client/orang. Masuk menu IP > Hotspot > Users. Tambahkan user baru (+) pada kolom name dan password merupakan username dan password yang digunakan untuk login pada jaringan hotspot. Pada kolom Profile arahkan pada user profiles yang telah dibuat tadi sesuai ketentuan. OK

Mikrotik Hotspot Users
Hotspot Users

Contoh beberapa user account yang telah dibuat sesuai user profilesnya masing-masing.

Hotspot User Account Mikrotik
Hotspot User Account

**Disini kita dapat menambahkan user hingga tak terbatas sesuai kapasitas Router Mikortik.
Demikian cara membagi bandwidth hotspot mikrotik, untuk manajemen bandwidth yang lebih advanced kita dapat menggunakan metode simple queue dan queue tree yang akan dibahas pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s