Memblok Penggunaan Flashdisk Pada Windows 7

atasiFlashdisk merupakan salah satu media penyimpanan data yang membantu Anda dalam menyimpan dan memindahkan file dari komputer yang satu ke komputer yang lainnya. Namun, flashdisk ini tetap memiliki batasan jumlah penyimpanan didalamnya. Biasanya flashdisk ini hanya digunakan untuk menyimpan file yang berukuran kecil misalnya seperti file dokumen, musik dan video dengan ukuran kecil.

Tapi, Anda juga harus berhati-hati dengan flashdisk ini. Karena, seringnya keluar masuk dari komputer atau laptop sehingga biasanya flashdisk ini menjadi sasaran para pembuat virus untuk menyebarkan virusnya. Solusi dalam menghadapi virus tersebut biasanya dengan menggunakan anti virus. Tapi, tentu saja tidak semua virus bisa tertangkap oleh anti virus. Karena, para pembuat anti virus ini hanya mengupdate sistemnya jika ada yang mengirimkan laporan virus terbaru.
Solusi lainnya adalah dengan mematikan autorun USB Windows. Jadi, ketika ada flashdisk yang ditancapkan pada komputer Anda, semua autorun aplikasi tidak akan berjalan secara otomatis. Tapi, cara ini sudah tentu dapat dengan mudah diatasi oleh para pembuat virus. Karena, para pembuat virus pasti telah mempelajari sistem dari Windows ini terlebih dahulu.
Nah, solusi paling tepat menghadapi virus yang disebarkan melalui flashdisk itu harus dengan cara bagaimana?
Solusinya adalah dengan membatasi penggunaan flashdisk pada Windows 7, atau dengan bahasa lain menutup port USB untuk semua perangkat USB yang terhubung ke komputer. Cara ini akan membuat semua perangkat yang terhubung dengan media USB tidak akan terbaca pada komputer. Jadi, jika Anda memasang flashdisk pada komputer yang telah diaktifkan fitur ini, maka flashdisk tersebut tidak akan muncul, sehingga file yang ada didalamnya tidak akan terdeteksi dan tidak dapat dibuka atau dalam kata lain USB di blok.
Cara untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Karena, Anda tidak memerlukan software untuk mengaktifkan fitur blok USB ini. Berikut tips untuk memblok USB pada windows 7.

  1. Klik tombol star pada sudut kiri bawah Windows 7 Anda.
  2. Ketik RUN kemudian Enter, atau bisa juga menggunakan shortcut keyboard Star+R
  3. Pada kotak RUN ini ketikkan GPEDIT.MSC kemudian Enter.
  4. Akan terbuka jendela baru dengan nama Local Group Policy Editor
  5. Masuk ke menu Computer Configuration > Administrative Template > System > Removable Storage Access.
  6. Silahkan Anda melihat pada jendela sebelah kanan, dan cek pengaturan pada bagian Removable Storage seperti CD, DVD dan USB Storage.
  7. Pada menu ini silahkan Anda pilih Removable Disks: Deny Read Access. Klik dua kali dan ubah settingnya dari yang default Not Configure atau Disable menjadi Enable, kemudian klik tombol Ok.

Silahkan restart komputer Anda , dan tunggu hingga login kembali. Setelah berhasil login coba Anda colokkan flashdisk dan lihat apa flashdisk Anda masih terbaca atau tidak.
sumber:http://sijono.com/2015/memblok-penggunaan-flashdisk-pada-windows-7/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s