3 Langkah Agar Hard Disk Berkapasitas di Atas 2 TB Dapat Terbaca di PC Lawas

3 Langkah Agar Hard Disk Berkapasitas di Atas 2 TB Dapat Terbaca di PC Lawas

Di era digital sekarang ini, penggunaan hardisk selayaknya memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Kalau saja Jerukers seorang gamers, untuk sebuah game membutuhkan minimal 5 GB, terutama untuk game berat sekelas Call Off Duty dan Crysis yang rakus ruang penyimpanan. Apalagi jika Jerukers adalah kolektor film-film berformat full HD dan Bluray, tentu urusan kapasitas penyimpanan menjadi hal yang kritikal.
Kali ini, di meja redaksi JerukNipis kedatangan sebuah Hardisk Seagate yang berukuran sangat besar, yaitu 4 terabyte (TB/terbaca 3725,90 GB) dengan type ST4000VN000-1H4168 ATA Device.Tanpa panjang lebar, langsung saja kami mencoba menggunakan Hardisk yang baru datang tersebut.
Meskipun di atas kertas kapasitasnya 4 TB, terhadap hard disk tersebut kapasitas yang terbaca di PC desktop kami hanya sekitar 2 TB saja (terbaca 2048 GB). Sementara sisa dari kapasitas yang ada tidak dapat digunakan, sekalipun sudah dilakukan penghapusan volume dan melakukan low-format.

Untuk yang menggunakan pada PC berbasis Windows, kapasitas maksimal sebuah hardisk adalah sekitar 2 TB. Maksud maksimal di sini bukan berarti kita tidak bisa memasang hard disk berkapasitas 3-4 TB di komputer kita, hanya saja sistem pada perangkat lunak bawaan yang mengatur hardisk tidak bisa mengenali dengan baik hardisk tersebut hingga terjadilah pengurangan sampai puluhan giga. Namun, tidak begitu jika PC yang kita gunakan memiliki motherboard keluaran tahun 2012 ke atas yang memiliki fitur bernama feature infinity, di mana mendukung hard disk berkapasitas di atas 3-4 TB.
Lalu, bagaimana jika Jerukers sudah terlanjut membeli hard disk yang di atas 2 TB sementara PC yang digunakan berbasis motherboard lawas? Agar bisa PC kamu membaca hard disk tersebut, ikuti saja tahapan berikut ini. Tapi, tidak ada salahnya jika kamu mem-back-up lebih dulu data-data yang ada. Yang patut dicatat, segala resiko ditanggung sendiri ya.
Setelah Jeruker mencolokan kabel Sata pada hard disk tersebut, klik kanan pada My Komputer, lalu klik Manage.

(Gambar 1) 
Setelah itu, pilih Disk Management dan akan terlihat kapasitas hard disk yang terbaca berukuran 3725,90 GB.

(Gambar 2)
Kemudian pilih disk 2 (tergantung posisi hard disk kamu), klik kanan dan pilih Convert to MBR Disk.

(Gambar 3)
Selanjutnya, Jerukers dapat membuat beberapa partisi dari hardisk tersebut.

(Gambar 4)
Nah, dengan tahapan tersebut, hard disk Jerukers sudah pasti akan terbaca pada PC lawas yang digunakan. Jadi, jangan takut-takut menggunakan hard disk berkapasitas besar ya, Jerukers!

sumber:http://www.jeruknipis.com/read/2014/03/25/3-langkah-agar-hard-disk-berkapasitas-di-atas-2-tb-dapat-terbaca-di-pc-lawas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s